3 Jawaban Ridwan Kamil saat dibandingkan dengan Anies Baswedan

Dua hari lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah sebuah gambar yang menjelaskan tentang proses perizinan proyek Meikarta. Postingan Emil itu langsung mengundang beragam komentar dari netizen.

Yang paling mencolok adalah sejumlah komentar para netizen yang mengaitkan kebijakan Emil soal Meikarta dengan penghentian reklamasi oleh Gubenur DKI Anies Baswedan. Mereka membandingkan sikap Emil dengan Anies yang dinilai lebih berani.

Beberapa komentar langsung ditanggapi Emil. Berikut jawaban-jawaban Emil:

1. Pemimpin ambil keputusan harus dengan data lengkap

Dalam akun Instagramnya, Emil menjelaskan perizinan Meikarta adalah wewenang Pemkab Bekasi. Dia mengatakan, wewenang Pemprov adalah memberi rekomendasi tata ruang yang diajukan Pemkab Bekasi. Dalam postingan itu, Emil menjelaskan sedikit soal pengajuan proyek tersebut.

Seketika banyak yang mengomentari postingan Emil. Salah satunya akun abdul_clearend yang membandingkan Emil dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. “Segitu aja kang nyalimu, masa kalah dengan aksi Anies Baswedan”.

Rupanya Emil tak terima dibanding-bandingkan, dia kemudian membalas komentar tersebut. “@abdul_clearend pemimpin ambil keputusan harus dengan kelengkapan data, keadilan, nalar dan ketaatan hukum. Kalau emosian grusa grusu dalam ambil keputusan jangan pernah jadi pemimpin,” jawabnya tegas.

2. Ambil keputusan harus adil dan proporsional

Selain abdul_clearend, akun lain yang membandingkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ialah taufikelrahman9. Dengan menggunakan bahasa Sunda dia meminta Emil berani mengentikan proyek Meikarta seperti Anies Baswedan mencabut proyek reklamasi. “Kudu wani (harus berani), pak Anies ge waniyeun nyabut reklamasi (pak Anies juga berani mencabut reklamasi),” tulis akun taufikelrahman9.

Emil lantas menjawab “@taufikelrahman9 coba gugel lagi. 4 Lahan reklamasi yang sudah ada, tidak dibatalkan. Yang dibatalkan yang masih dalam rencana gambar. Ini contoh ambil keputusan itu harus adil dan proporsional”.

3. Ridwan Kamil diminta lunasi janji

KPK menemukan adanya aksi suap dalam proyek Meikarta. Saat ini KPK tengah mengusut kasus megaproyek tersebut. Sebagai Gubernur Jabar, Ridwan Kamil diminta untuk menghentikan proyek tersebut sesuai dengan janji Pilgub.

Permintaan tersebut datang dari akun nanang_gunawan84 yang menuliskan di kolom komentar Instagram Ridwan Kamil. Akun itu bahkan membandingan Emil dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Meikarta kumaha kang? Ingat janji waktu debat Pilgub kemarin nggak? Proyek besar reklamasi aja Pak Anies Baswedan sangggup menghentikannya. Ayo lunasi janjimu kang,” kata nanang_gunawan84.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *